Wujudkan Generasi Tangguh Lewat Pencak Silat

Rabu, 15 Maret 2017



Pondok pesantren Asshohwah Al Islamiyah bertekad menjadikan santri dan santriwatinya menjadi generasi yang tanguh, kuat baik secara fisik dan mental. Di Ponpes ini telah diprogramkan latihan seni bela diri Pencak Silat yang merupakan salah satu seni bela diri yang dinilai bisa menggembleng ketangguhan mental dan fisik seseorang.


Ilmu bela diri Pencak silat sebagai salah satu seni beladiri khas atau asli milik leluhur Bangsa Indonesia yang masih eksis dan tetap populer sampai saat ini. Keberadaanya dipandang perlu untuk tetap dilestarikan semua kalangan, tak terkecuali para pelajar atau para santri di negeri ini. Di satu sisi, seni bela diri pencak silat ternyata memiki banyak manfaat dan kelebihan jika mampu dikuasai dan didalami oleh seseorang. Salah satunya adalah bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jiwa dan rohani seseorang yang mempelajari dan menguasainya.

Program seni bela diri pencak silat di Ponpes Asshohwah Al Islamiyah bertujuan agar setiap santri bisa menguasai ilmu bela diri pencak silat secara baik, sehingga para santri diharapkan bisa mengambil manfaat yang ada dari mempelajari ilmu bela diri ini.


“Kita memandang perlu untuk mempelajari bela diri pencak slat, karena kegiatan ini termasuk salah satu jenis cabang olahraga yang sangat bermanfaat untuk kebugaran fisik dan rohani santri,” Kata Kepala SMP IT Assohwah Al Islamiyah, Akhyar Rosyidi.
Diera modern ini, Akhyar memandang perlu untuk ikut berpartisipasi melestarikan salah satu budaya dan asset bangsa yang sudah dikenal dunia internasional ini.

Menurutya, ilmu bela diri pencak silat juga  bisa menjadi salah satu wahana bagi santri ataupun sekolah untuk menuai prestasi, dalam hal ini prestasi non akademik sekolah. Lebih jauh dijelaskan Akhyar, hal itu karena bela diri pencak silat termasuk salah satu cabang olah raga resmi yang dipertandingkan dalam berbagai event-event olahraga baik nasional maupun internasional.

“Kita tentunya berharap satu saat nanti santri-santri kita bisa membawa atau mewakili sekolah, serta bisa berprestasi dalam event-event olahrahaga nasional atau internasional melaui cabang olah raga pencak silat,” tambahnya.  Apa yang dilakukan sekolah tersebut sudah tentu sebagai salah satu cara memperkenalkan nama sekolah keluar, tentunya dengan prestasi dan nilai positif. ( tim)








Maret 15, 2017

0 komentar:

Posting Komentar