Calon Santri SMP IT Dan MA Asshohwah Ikuti Tes Potensi

Minggu, 18 Juni 2017


Calon santri/santriwati Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu
(SMP IT) dan Madrasah Aliyah (MA) plus Asshohwah Al Islamiyah tahun ajaran 2017/2018 mengikuti tes potensi dasar sebagai syarat masuk atau menjadi santri sekolah setempat.
Pelaksanaan tes potensi calon santri SMP IT Asshohwah Al Islamiyah
Untuk SMP IT tes masuk diselenggarakan Ahad (18/6),diikuti sebanyak tujuh puluh dua calon santri. 

Tes kali ini adalah tes masuk gelombang kedua, dimana sebelumnya tes gelombang pertama untuk calon santri SMP IT telah diselenggarakan Februari lalu, diikuti sebanyak empat puluh lima calon santri/santriwati.

Sementara untuk calon santri MA plus dilaksanakan sehari sebelumnya, Sabtu (17/6) diikuti sebanyak tiga puluh sembilan calon santri/santriwati.

Ketua panitia Penerimaan santri baru (PSB) SMP IT Asshohwah Al Islamiyah M. Taufik menerangkan pelaksanaan tes potensi ini bertujuan untuk mengetahui potensi calon santri baru yang akan masuk ke ponpes Asshohwah Al Islamiyah di bidang akademik dan diniyah pada khususnya.

Pada tes ini, calon santri akan menjalani berbagai jenis tes diantaranya test wawancara atau psikotes, Bahasa Arab serta praktik ibadah untuk calon siswa MA. Sementara untuk calon santri SMP IT, tes yang diberikan sedikit lebih simpel yakni hanya mencakup test potensi dan tes baca Al Qur’an. 

“Tes ini wajib diikuti seluruh calon santri yang akan masuk di ponpes Asshohwah,untuk mengetaui potensi calon santri, sebagai salah satu tahapan dan syarat masuk ponpes Asshohwah,” kata Taufik. Dengan adanya test ini diharapkan dapat mempermudah pihak sekolah dalam menentukan, memilah kelompok belajar para santri, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
 
Turut hadir wali santri dalam pelaksanaa tes potensi di Ponpes Asshohwah.
“Akan ada pengelompokan santri sesuai dengan potensi dan kemampuan terutama di kelas diniyah nantinya,” ujar Taufik.

Selain calon santri, wali santri dalam kesempatan tersebut juga diharuskan datang bersama calon santri, guna diberikan pengarahan dan akan mengisi quesioner terkait keberadaan dan berbagai hal menyangkut Ponpes Asshohwah Al Islamiyah.

Setelah mengikuti tes, calon santri terang Taufik selanjutnya akan melakukan  daftar ulang pada 19 hingga 30 Juni mendatang untuk santri SMP IT, dan 5 hingga 8 Juli untuk calon santri MA plus. Untuk kegiatan Massa orientasi Santri (MOS) akan diadakan serempak pada 19 hingga 22 Juli mendatang. (*)   



Juni 18, 2017

0 komentar:

Posting Komentar