Pola Asuh Anak Yang Baik Untuk Generasi Yang Lebih Baik

Rabu, 07 Juni 2017

Bunda PAUD Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang juga Ketua tim penggerak PKK Lobar Hj. Khaeratun mengingatkan
kepada guru maupun orang tua akan  pentingnya memberikan pola asuh yang baik dan tepat kepada anak disekolah maupun di rumah. 
Hj. Khaeratun

Singkronisasi dan kesinambungan antara pola asuh anak disekolah dan pola asuh dirumah, adalah kunci untuk menelurkan generasi bangsa yang lebih maju dan cerdas dikemudian hari.

Keberlanjutan terkait pola asuh anak dimaksud, menurut istri Bupati Lobar H. Fauzan Khalid ini adalah terkait bagaimana pola asuh yang diberikan guru maupun orang tua kepada anak didik disekolah, bisa diterapkan dan diaplikasikan juga ketika anak-anak sudah kembali kerumah. 

Sehingga nantinya akan ada kesinambungan dan keberlanjutan atas apa yang diterapkan disekolah dan apa yang dipolakan saat di rumah tangga.

“Sehingga apa yang diberikan terkait pola asuh anak di sekolah dan apa yang diberikan di rumah tangga akan nyambung serta berkelanjutan, dengan apa yang diterapkan di rumah tangga,“ kata Hj Khaeratun, dalam sambutannya pada acara wisuda PAUD Nur Al Bana Yayasan Ponpes Asshohwah Al Islamiyah baru-baru ini. 

Terkiat konsep dimaksud, ada tiga point dasar dan penting yang perlu menjadi titik perhatian, baik bagi para guru maupun orang tua dalam mendidik dan membimbing anak di sekolah maupun di rumah.

Yang pertama adalah setiap guru atau orang tua bisa  memberikan pendidikan yang baik kuntuk anak-anak dengan  menghadirkan perasaan suasana aman disekolah dan dirumah. 

Jika di sekolah hal tersebut merupakan tugas para guru, namun ketika kembali ke rumah, tentu merupakan tanggung jawab orang tua, mereka harus faham dengan nilai-nilai dan pola asuh yang diterapkan disekolah dengan menghadirkan kondisi aman, nyaman dan menyenangkan, selayaknya yang anak-anak rasakan di sekolah.

Acara wisuda PAUD Nur Al Bana yang di hadiri bunda PAUD Lobar
“Kalau di sekolah tentu adalah tugas guru, namun ketika dirumah tentu tugas orang tua untuk mewujudkan suasana nyaman, salah satunya dengan mendidik anak sesuai dengan umur, kalau anak kita masih PAUD didik merka sambil bermain, sambil bermain sekaligus memberikan pembelajaran.


" Jadi tidak bisa kita paksakan anak-anak kita untuk terus belajar dirumah, ” ujarnya memberikan contoh.
Selanjutnya, point terpenting lain terkait pola asuh anak yang baik adalah memberikan ketauladanan atau contoh baik kepada anak-anak. 

Serbagai guru dan orang tua, memberikan contoh dengan berperilaku yang baik didepan anak-anak adalah hal penting, karena anak-anak umumnya cendrung memperhatikan dan meniru apa yang mereka lihat maupun dengar sehar-hari di lingkungan dan sekitarnya.

“Anak-anak harus kita berikan contoh dan tauladan yang baik, contohnya kalau kita sholat tepat waktu dirumah, insya allah anak juga akan tepat waktu. Demikan juga kalau ibunya nonton sinetron terus menerus maka jangan heran anak-anak juga pasti ikut nonton sinetron,” lanjutnya. 

Terakhir pesan Bunda PAUD Lobar adalah terkait keikhlasan. Ikhlas menurutnya adalah kunci agar anak-anak kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang kita harapkan. 

Segala usaha dan upaya yang dilakukan guru maupun orang tua, kepada anak harus didasari dengan niat tulus ikhlas,  berharap hanya untuk mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT. 

“Kita sebagai  guru maupun orang tua ketika sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab kepada anak dan keluarga  maka ikhlaskan hati hanya mengarap berkap dari Allah SWT,” tuturnya.

Maka Insya Allah dengan niat dan ikhtiar yang benar, mendidik anak dengan pola asuh yang tepat dan sesuai, degan memperhatikan keharmonisan antara apa yang diberikan dan diterapkan disekolah. Makah hal itu dapat menjadi titik tolak bangkitnya generasi bangsa ke depannya.

Dia menuturkan, Ketika guru dan orang tua sudah bisa membuat keharmonisan dan kesinambungan antara yang didapatkan dirumah dan disekolah terkait pola asuh anak, maka insya Allah anak anak-anak akan menjadi anak yang berhasil dan sukses dikemudian hari.
“apa yang kita tanam hari ini, maka itu yang kita petik kelak dua puluh lima tahun mendatang,” ujarnya.

“Kita harapkan dengan pola asuh yang tepat anak anak kita akan menjadi anak-anak yang lebih maju dan cerdas sehinga Lobar akan semakin maju dibandingkan saat ini,” pungkasnya.(*)



Juni 07, 2017

0 komentar:

Posting Komentar