Bupati Lobar Buka Ziarahan Bersama Calhaj Biletepung

Rabu, 02 Agustus 2017

Bupati Lobar H.Fauzan Khalid saat sambutan acara Buka ziarahan bersama 
Lobar ( Asshohwah Media) - Calon haji (Calhaj) asal Dusun Biletepung Desa Beleka, Kecamatan Gerung, Lobar  menggelar acara buka ziarahan bersama dengan masyarakat setempat Rabu, (2/8).

Bertempat di Masjid Nurul Hidayah Biletepung, kegiatan yang dihajatkan untuk membuka tradisi silaturahmi atau ziarahan masyarakat kepada calhaj tersebut , dihadiri Bupati lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid, dan sejumlah pejabat lingkup pemerintahan Kabupaten Lobar, seperti Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Lobar HM Muslim, M.Ag, Ketua KONI Lobar H.Suherman serta Camat Gerung.  

Sejumlah tokoh agama dan tuan guru di daerah Lombok seperti Pimpinan Ponpes Asshohwah Al Islamiyah TGH. Taesir Al Azhar, Lc.MA, TGH. Muharar Mahfuz, TGH.Zaenuri, Lc.MA juga turut hadir meramaikan kegiatan kali ini. Dalam kesempatan tersebut, Fauzan Khalid berpesan kepada para para calhaj asal Biletepung yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini, agar benar-benar memanfaatkan dan menggunakan kesempatan menjadi tamu Allah di tanah suci nantinya. Menjadi tamu Allah adalah satu kesempatan istimewa dan berharga yang tidak semua orang bisa dapatkan.

 “Manusia yang dipanggil Allah  adalah betul-betul kekasih Allah, untuk itu kesempatan ini hendaknya perlu dihayati,supaya dalam keseluruhan proses, rukun syarat, sunnah  dan segala hal yang  berkaitan dengan prosesi haji agar dilaksanakan dengan baik dan benar,” tutur Fauzan Khalid. 

Selanjutnya bupati juga 
mengingatkan kepada para calhaj  agar mereka bisa menjadi tamu yang baik di tanah suci nantinya. Tamu yang baik menurut orang nomor satu di Pemkab Lobar itu adalah tamu yang melakukan hal-hal yang disukai dan disenangi tuan rumah. Terlebih, dalam tradisi Bangsa Arab sangat dikenal dengan tradisi yang sangat hormat dan menghargai tamu. Dalam konteks ibadah haji, tuan rumah bagi para jamaah tentu tidak lain adalah Allah SWT.

“Tamu Allah berarti tuan rumahnya adalah Allah SWT, sebagi tamu kita harus melakukan hal-hal yang disenagi tuan rumah yaitu Allah SWT seperti banyak beribadah dan berdo’a,” kata Fauzan. Dia berharap para jamaah agar banyak memanfaatkan waktu ditanah suci untuk berdo’a, baik berdoa untuk diri, keluarga, daerah , bangsa dan negara.

Dia menambahkan, Kabupaten Lobar  tahun  memberangkatkan sebanyak 639 calon haji, dimana jumlah ini meningkat pesat dibandingkan jumlah calon haji yang diberangkatkan tahun-tahun sebelumnya.  Untuk tahun 2016  lalu, jumlah jamaah yang diberangkatkan tercatat hanya 450 jamaah.

 “ Ini rekor, biasanya tidak lebih dari 450 jamaah yang diberangkatkan. Kalau tidak salah jumlah ini nomor dua se NTB setelah Lotim,  dari 4600 jatah untuk provinsi NTB ,” paparnya. Dia berharap kedepan akan semakin banyak masyarakat Lobar yang berkesempatan dipanggil oleh Allah untuk berangkat ke tanah suci  untuk menunaikan ibadah haji

Jumlah calhaj di Dusun Biletepung sendiri tahun ini sebanyak lima orang, yakni Masnun, Mahini, Musleh, Sakmah dan Satirah.  Kegiatan buka ziarahan bersama ini menurut ketua Panitia pelaksana Drs.H. Muslihat, sudah dua kali diselenggarakan di Dusun Biletepung, sejak pertama kali dilaksanakan tahun lalu. Dia berharap kegiatan buka ziarahan bersama ini tetap dilanjutkan tahun-tahun mendatang. (*)



Agustus 02, 2017

0 komentar:

Posting Komentar