Melihat Oleh-oleh Dari Kunjungan Singkat Duta Asshohwah Ke Malaysia. “Asshohwah, USIM Dan ABIM Mantapkan Ikatan Kerjasama”

Senin, 11 September 2017



Penanda tanganan MOU kerjasama antara Asshohwah dan USIM
 Lobar (Asshohwah Media) – Ibarat raja menyambut raja, sambutan pihak Universitas Sains Islam malaysia (USIM) dan Sekolah Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) kepada perwakilan Ponpes Asshohwah, dalam lawatan singkatnya ke Malaysia, ternyata  begitu "wah" dan sulit dilupakan.  

Duta Ponpes Asshohwah mengaku begitu tersanjung dengan servis tuan rumah kali ini. Pengalaman tidak terlupakan dan sangat membanggkan tersebut diceritakan dengan mata berbinar oleh salah satu perwakilan Ponpes Asshohwah untuk Malaysia, Akhyar Rosidi  kepada Asshohwah Media, pertanda rasa bahagia dan wujud syukur, penuh bangga dengan apa yang telah didapatkan dalam kunjuanganya ke Malaysia kali ini. 

Ungkapan rasa terimakasih dan apresiasi tinggi tentu terucap untuk pihak USIM dan ABIM yang telah memberikan sambutan dan layanan begitu hangat, spesial serta istimewa atas kehadirannya di negeri jiran Malaysia. " Kami merasa seolah-olah raja yang disambut oleh raja lainya, dari semenjak datang hingga kembali ke tanah air, kami benar-benar merasa dimuliakan, terimakasih kepada pihak USIM dan ABIM," kenang Akhyar Rosidi.  

Lima hari berada di negeri jiran Malaysia, terhitung satu hingga enam September lalu, dua utusan Pondok pesantren Asshohwah Al Islamiyah benar-benar memanfaatkan moment tersebut dengan baik. Dua duta Ponpes Asshohwah ini masing –masing Akhyar Rosidi dan Nurkholis majid, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan emas yang diamanatkan untuk mengunjungi negeri Malaysia, sebagai kunjungan balasan dari pihak USIM  belum lama ini. Kegiatan ini tidak lain dihajatkan dalam rangka menjalin dan mempererat tali dan ikatan persaudaraan, keluarga serta kerjasama yang telah terjalin sebelumnya.

Setidaknya ada beberapa agenda penting yang dilakuan Akhyar dan Nurkholis  selama berada di Malaysia. Program tersebut diantranya adalah penandatangnan MOU kerjasama antara Ponpes Asshohwah Al Islamiyah dan USIM, serta pembahasan kerjasama dengan ABIM terkait perencanaan implementasi kerjasama kedua belah pihak dalam waktu dekat ini.

Pemberian cendera mata oleh pihak USIM
Penanda tangan MOU kerjasama dengan USIM dilakukan di Gedung rektorat USIM, disaksikan langsung oleh NC atau pejabat  setingkat Rektor di Universitas setempat, Prof. DR. Dato Musa Akhmadi , Selasa (5/9). MOU kerjasama tersebut terang Akhyar Rosidi, adalah bentuk legalitas dan formalitas dari sejumlah kerjasama pihak USIM dan Ponpes Asshohwah yang telah berlangsung sebelumnya.

Bentuk kerjasama itu antara lain seperti Program Global Islamic Student Outsearch (GISO) yang dilakukan di Pulau Lombok terpusat di Ponpes Asshohwah  bulan Agustus lalu. Selain itu Program Latihan Industri (LI) semisal program magang atau PPL dengan menempatkan dua mahasiswa USIM selama empat bulan di ponpes Asshohwah, juga termasuk salah satu dari deretan program kerjasama dimaksud.

“Penandatangananan MOU kerjasasama tersebut sebagai bentuk formalitas dan kerjasama pihak USIM dan Asshohwah, kedepan akan dilakukan dan dimantapkan kembali sejumlah bentuk kerjasama kedua belah pihak,” kata Akhyar Rodisi. 

Akhyar menceritakan, pihak USIM melalui Rektor berterimaksih dan mengapresiasi kunjungan perwakilan Ponpes Asshohwah ke USIM kali ini.  Lebih jauh, pimpinan USIM ujar Akhyar juga mengapresiasi sejumlah kerjasama USIM dengan Asshohwah yang tertuang dalam MOU. 

musyawarah membahas rancangan kerjasama antara Asshohwah dan USIM
“Kedepan Rektor kita bertekad menambah dan memperbanyak program-program dan kerjasama-kerjasama antara USIM dan Asshohwah dalam berbagai bidang,” ujar rektor seperti dikutip Akhyar. Rektor urai Akhyar bermaksud untk memeperluas dan akan lebih jauh mengekspansi bentuk kerjasama, tak hanya dibidang pengembangan pendidikan dan sumber daya manusia dua negara, namun juga akan lebih menekankan pada program-program sosial dan kemanusiaan. 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan tahni’ah atau ucapan selamat yang kepada pihak-pihak terkait dengan pelaksanaan program LI dan GISO USIM di Pulau Lombok, mengingat program tersebut dinilai sukses. ucapan tersebut terutama kepada dua Mahasiswa USIM yang diutus ke Ponpes Asshohwah selama empat bulan Muhammad Mussa dan Muhammad Hafiz, serta pimpinan program GISO Prof.Dr.Rumaizuddin.
Beberapa point kesepakatan dalam MOU tersebut antara lain adalah pelaksanaan Program GISO, LI dan  pertukaran pelajar.  
Bersama perwakilan ABIM

Sementara dengan pihak sekolah rendah dan menengah ABIM, ponpes Asshohwah rencanya akan melaksanakan sejumlah aktifitas kerjasama  kerjasama   Dalam lawatan itu, Akhyar  dan nurkholis mengaku berkesempatan ambil bagian dalam musyawarah atau rapat guna membahas kerjasama antara pihak ABIM dan Ponpes Asshohwah .

Beberapa kesepakatan dan keputusan dalam rapat tersebut diantaranya adalah menyepakati program kerjasama pertukaran pelajar antara pihak ABIM dan Ponpes Asshohwah pada  2018 mendatang,” ujar Akhyar.

Dengan pihak ABIM sendiri, ponpes Asshohwah juga sebelumnya telah melakukan upaya kerjasama diantarannya kunjungan sejumlah perwakilan ABIM ke Ponpes Asshohwah, demikian juga dengan perwakilan Ponpes Asshohwah yang telah melakukan kunjungan balasan beberapa tahun lalu.
 
   



September 11, 2017

0 komentar:

Posting Komentar