4 Keutamaan Memilih Pasangan Hidup Dengan Tuntunan Agama

Senin, 02 Oktober 2017

kriteria-harta-dan-kecantikan
Dakan pasangannya masing-masing oleh Allah. Sebagai manusia mempunyai kewajiban dalam menggapai rezeki maupun kodoh dengan terus berdo’a dan berusaha sekuat mungkin. Selanjutnya, bertawakkal diri menyerahkan semuanya kepada Allah.

Berkenaan dengan jodoh atau pasangan hidup, maka hendaknya untuk menetapi takdir Allah. Kita wajib berusaha menggapai calon pasangan hidup. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang bagaimana memilih calon pasangan hidup, baik sebagai calon istri atau calon suami dari kriteria yang berdasarkan tuntunan agama.

1. Kriteria calon pasangan hidup dari sisi agama



Dalam hal memilih calon pasangan hidup dari segi agama, harta, ketutunan atau nasab, dan kecantikan. Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda.
“Dari Abi Hurairah radhiallah ‘anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Maka perhatikanlah agamanya maka kamu akan selamat. Muttafaq ‘alaih.”  [HR. Bukhari Muslim.]
Dalam hadits Nabi di atas, jelas bahwa Rasulullah saw lebih menekankan dan memberikan penekanan yang lebih utama pada agama. Hal ini dikarenakan wanita dengan bekal agama yang baik dan sudah matang akan jauh lebih menguntungkan dan mampu menjadi penopang dalam mengarungi samudrah rumah tangga.

2. Mempunyai sisi agama yang baik dan matang



Pengetahuan ilmu agama tidak hanya sekedar pemahaman dalam bidang agama atau fitrah saja. Akan tetapi mencakup ruhaniah atau sisi kerohanian yang secara ideal dapat diterjemahkan seorang yang mempunyai hablum minallah yang kuat.

3. Kriteria calon pasangan hidup dari sisi keturuna



Bagi seorang muslim, hendaknya memilih calon istri dari keturunan yang berasal dari keluarga muslim yang taat dalam beragama, status social yang baik serta terpandang di lingkungan masyarakat. Karena diharapkan akan meperoleh keturunan yang baik. Karena lahirnya keturunan yang baik dari keluarga yang baik adalah salah satu perintah Allah yang tercantum di dalam Al-Qur’an.
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”  [Qs. An-Nisa: 9]

4. Kriteria calon pasangan hidup dari sisi harta dan kecantikan




Tentang kencatikan dan harta ini adalah merupakan nilai tambah. Yang lebih utama berdasarkan anjuran dari dalil hadits Nabi dalam menentukan kriteria untuk memilih calon istri atau calon suami yang baik. Hendaknya lebih mengutamakan agama dan nasabnya.

sumber : www.inspirasiislami.com



Oktober 02, 2017

0 komentar:

Posting Komentar